Contoh LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Kegiatan
Laporan Pertanggungjawaban
Penerimaan Tamu Ambalan (PTA)
GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN XI-02-3500/ XI-02-3600
AMBALAN KI HAJAR DEWANTARA – RA KARTINI
PANGKALAN SMA HARAPAN BANGSA
2017
I. Latar Belakang Kegiatan
Pembentukan sebuah karakter yang tangguh, disiplin, dan berbudi pekerti luhur membutuhkan adanya suatu proses pendidikan. Karakter tersebut digunakan untuk menentukan arah pandang dan tujuan dalam kehidupan manusia, serta kesanggupan dalam bertanggung jawab yang benar dan mulia. Pembentukan karakter ini dapat dilaksanakan melalui gerakan pramuka yang ada di sekolah. Gerakan Pramuka Indonesia merupakan salah satu organisasi yang menjadi wadah pengembangan dan proses pendidikan generasi kaum muda. Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan di luar pelajaran sekolah dan keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang di alam terbuka. Kegiatan-kegiatan ini menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan serta dibawah pengawasan orang dewasa. Salah satu kegiatan kepramukaan bagi calon penegak adalah Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak agar dapat bergabung secara resmi menjadi anggota ambalan pramuka penegak di sekolahnya. Kegiatan ini juga diadakan untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak dan mengenalkan pramuka di SMA HARAPAN BANGSA. Kegiatan ini juga termasuk ke dalam salah satu progam kerja dewan ambalan.
Sehubungan dengan adanya Program Kerja Gerakan Pramuka gugus depan XI-02-3500 -XI-02-3600 ambalan Ki Hajar Dewantara – RA Kartini pangkalan SMA HARAPAN BANGSA Periode 2016/2017, kami bermaksud mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) sebagai salah satu bentuk pengabdian Dewan Ambalan terhadap gugus depannya.
II. Dasar Pemikiran
1. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2013 tentang Gerakan Pramuka.
2. Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
3. Keputusan Kwartir Nasional nomor 203 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
4. Keputusan Kwartir Nasional nomor 220 tahun 2007 tentang Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka.
5. Program kerja dewan ambalan masa bakti 2016/2017.
6. Hasil rapat tanggal 1 Agustus 2017.
III. Nama Kegiatan
Kegiatan ini dinamakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) SMA HARAPAN BANGSA tahun 2017.
IV. Tujuan Kegiatan
1. Melaksanakan program kerja pengurus ambalan Ki Hajar Dewantara – RA Kartini masa bakti 2016/ 2017.
2. Memantapkan minat dan bakat dari adik-adik kelas X, khususnya dalam bidang kepramukaan.
3. Melatih mental dan fisik kelas X.
4. Meningkatkan rasa kepedulian adik-adik kelas X terhadap lingkungan sekitar.
5. Mempererat tali persaudaraan di antara kelas X.
V. Waktu Dan Tempat Kegiatan
Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan akan dilakasanakan pada:
hari/tanggal : Jumat – Sabtu, 25 – 26 Agustus 2017
waktu : 13.00-15.00 WIB
tempat : Bumi Perkemahan
VI. Daftar Pendamping, Pembina, Dan Peserta
Terlampir
VII. Struktur Kepanitian
1. Penasehat : Andi Syahputra, M. Pd.
2. Penanggung Jawab : Ismail Surya Maulana, M. Pd.
3. Pembina : Hary Pambudi,S.Pd. SD.
4. Penanggung Jawab Teknis : 1. Putra Aryanto
2. Farah H.
5. Ketua Sangga Kerja : Aufa P.
6. Wakil Ketua Sangga Kerja : Farah P
7. Sekretaris : 1. Rizqi H.
2. Lestari R.K.
8. Bendahara : 1. Fauzi M.
2. Ferina A.
9. Seksi – seksi :
a) Konsumsi : 1. Amira S.
2. Aji Muzaki
b) Acara : 1. Hinami K.
2. Firis I.
3. Anindita
c) Humas : 1. Azmi
2. Safira
d) Perkap : 1. Andria
2. Antonio
e) Dokumentasi : 1. Maulana
2. Aria
f) P3K : 1. Herni
2. Alia
VIII. Jadwal Kegiatan
Jumat-Sabtu, 18-19 Agustus 2017
No | Agenda | Waktu | Tempat |
1 | Persiapan keberangkatan dan pengarahan | 13.30-14.00 | Halaman depan |
2 | Perjalanan ke Buper | 14.00-15.00 | Jalan |
3 | Istirahat & Sholat | 15.00-15.30 | Aula |
4 | Pendirian Tenda | 15.30-16.30 | Lokasi Camping ground |
5 | Apel sore sekaligus pembukaan | 16.30-18.00 | Lapangan buper |
6 | ISOMA | 18.00-19.30 | Tenda & Aula |
7 | Api unggun | 19.30-21.00 | Lapangan |
8 | Motivasi kepramukaan & game | 21.00-22.00 | Aula |
9 | Tidur/istirahat | 22.00-02.45 | Tenda masing-masing |
10 | Jerit malam | 02.45-04.00 | Lokasi Camping ground |
11 | Hiking | 05.30-06.30 | Hutan Buper |
12 | Sarapan & MCK | 06.30-07.30 | Tenda masing-masing |
13 | Apel pagi | 07.30-07.45 | Lapangan |
14 | Pembekalan traking | 07.45-08.15 | Lapangan |
15 | Traking seson 1 | 08.15-11.15 | Hutan Buper |
16 | ISOMA | 11.15-12.45 | Tenda & Aula |
17 | Traking seson 2 | 12.45-14.30 | Hutan Buper |
18 | Istirahat dan Sholat | 14.30-15.30 | Tenda & Aula |
19 | Kemas-kemas tenda dan perlengkapan pribadi | 15.30-16.00 | Tenda masing-masing |
20 | Upacara prosesi pindah golongan sekaligus upacara penutupan | 16.00-16.30 | Lapangan |
21 | Sayonara | 16.30-selesai |
IX. Laporan Penggunaan Anggaran Biaya
Terlampir
X. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) pangkalan SMA HARAPAN BANGSA dilaksanakan selama 2 hari. Gambaran dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Upacara Pembukaan
Upacara pembukaan PTA dilaksanakan di lapangan pendopo Palawi (Baturraden). Petugas upacara ini dari calon dewan ambalan kelas XI, sedangkan yang bertugas sebagai pembina upacara adalah kepala SMA HARAPAN BANGSA sekaligus sebagai Kamabigus. Upacara berlangsung khidmat tanpa ada suatu halangan apa pun. Amanat yang diberikan oleh Kamabigus berkaitan dengan pentingnya gerakan pramuka sebagai salah satu wadah kaum muda untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Selain itu, dengan adanya perkemahan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjalin persaudaraan antara kelas X, XI, dan XII.
2. Apel Penyalaan Api Unggun
Apel penyalaan api unggun dilaksanakan setelah shalat Isya atau pukul 19.30. Apel ini merupkan salah satu rangkaian dari perkemahan tamu ambalan. Pada mulanya api unggun digunakan sebagai penghangat badan ketika udara malam hari yang cukup dingin. Selain itu, api unggun juga digunakan untuk menjauhkan diri dari gangguan binatang buas. Dalam kegiatan pendidikan kepramukaan, apel api unggun dilaksanakan sebagai acara hiburan dengan suasana yang riang gembira. Tujuan diselenggarakannya api unggun adalah untuk mendidik dan menumbuhkan keberanian dan kepercayaan pada diri sendiri melalui cara berpentas.
3. Outbond (Tracking)
Beberapa permainan outbond pada kegiatan PTA adalah sebagai berikut:
a. Menyelesaikan masalah dari batang korek api;
b. Merayap;
c. Melempar air;
d. Memindahkan bola pingpong;
e. Mengisi air;
f. Pesan berantai;
g. Mengumpulkan sampah.
4. Upacara Penutupan
Upacara penutupan dilaksanakan pada pukul 14.00 sampai pukul 14.30. Upacara ini sekaligus dijadikan sebagai pelantikan pemindahan golongan pramuka penggalang menjadi anggota pramuka penegak.
XI. Penutup
Demikian laporan ini kami sampaikan sesuai dengan pelaksanaan kegiatan PTA. Laporan kegiatan ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan penentuan kebijakan untuk kegiatan selanjutnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Purwokerto, 29 Agustus 2017
Ketua Sangga Kerja Ketua Panitia
( ) ( )
Dewan Pembimbing Pembina Pramuka
( ) ( )
Mengetahui,
Ka Mabigus
( )
Posting Komentar untuk "Contoh LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Kegiatan"